Berhijab Kok Bau Apek, Ini Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang Hari

Berhijab Kok Bau Apek, Ini Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang Hari

Berhijab Kok Bau Apek, Ini Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang Hari

Berhijab Kok Bau Apek, Ini Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang Hari

Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang HariHijab adalah busana yang identik dengan wanita Islam. Wanita Islam diwajibkan untuk menggunakan kerudung atau hijab demi menutup aurat. Jika anda menggunakan jilbab pasti akan terlihat semakin cantik dan mempesona. Dan saat ini, hijab tidak hanya digunakan untuk menutupi aurat rambut saja, tetapi juga sudah menjadi trend fashion.

Dalam mengenakan hijab, ada banyak hal, terutama menyangkut kebersihan, yang perlu kamu beri perhatian lebih besar. Bila kamu lalai merawat hijab, biasanya rambut menjadi rontok, muncul ketombe, atau keluar bau yang tidak sedap pada rambutmu. Kemudian suhu di luar ruangan, iklim tropis, polusi dan asap kendaraan juga memicu bau apek tersebut. Walau keluhan ini belum tentu dialami oleh semua perempuan pengguna hijab.

Baca juga : 

 

Hijab yang bau apek tentunya sangat mengganggu kamu. Apalagi jika sampai membuat tidak nyaman orang yang berada di sekitar kamu.

Maka dari itu sebagai seseorang muslim  yang menjaga kebersihannya, penyebab hijab jadi bau apek ini patut kalian ketahui agar terhindar dari masalah ini.

Dari pada penasaran yuuk langsung saja simak Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang Hari di bawah ini untuk menghilangkan bau tidak sedap pada hijabmu.

 

1.Perhatikan pemilihan bahan hijabmu

Meskipun bahan hijab tidak mutlak mempengaruhi masalah bau tak sedap.  Tapi, ada beberapa bahan yang cenderung memicu kebersihan dari hijab tersebut.

Sebut saja bahan sifon berkualitas rendah yang tipis namun jika ditempelkan langsung ke kulit akan terasa licin, kesat dan gerah.

Bahan sifon ini umumnya memicu keringat berlebih di kulit kepala dan wajah sehingga mau tak mau membuat area kepala akan lebih lembap dan cepat.

Selain itu, bahan-bahan sejenis jersey berkualitas murah yang licin dan cenderung permukaannya mengilap juga akan rentan menimbulkan bau tak sedap.

Bahan lainnya yang harus dihindari ialah hijab dari bahan linen yang cenderung lebih tebal dan kaku serta bahan serat tebal seperti pashmina.

 

2. Perhatikan juga kebersihan inner/dalaman kerudung

Seringkali perempuan salah kaprah soal menjaga kebersihan hijab miliknya. Merasa sudah rutin berganti hijab, maka mereka merasa aman.

Padahal, mengganti hijab setiap hari saja tidaklah cukup. Penting untuk rutin mengganti ciput dalaman hijab setiap kalian merasa sudah cukup kotor, berkeringat atau bahkan hanya lembab.

Jika kalian berpikiran ciput ninja tidak akan bau, itu salah besar. pasalnya, ciput dalaman adalah faktor yang paling menentukan masalah keharuman di area hijab. Jangan pernah mencoba tidak mengganti ciput dalaman ninja karena alasan menghemat air dan sabun ataupun karena alasan praktis. hahaha

 

 3. Kenali aktivitas yang akan dilakukan

Mengapa hal ini sangat penting? Karena jika kalian termasuk wanita pekerja aktif yang sehari-harinya bekerja di luar ruangan di bawah terik matahari. Maka tips memilih bahan hijab yang sudah dijelaskan di atas akan sangat bermanfaat. Sebaiknya pilih hijab dengan bahan kaos agar mudah menyerap keringat. Dan jangan lupa selalu kenakan dalaman kerudung yang bersih.

 

4. Aturan Warna 

Saat aktivitas cukup padat dalam tempo yang cukup lama, ada baiknya petimbangkan warna kerudung yang akan dikenakan. “Kalau memungkinkan, coba dihindari warna-warna gelap seperti hitam, cokelat, marun, maupun navy.

Mengapa? Pasalnya, warna gelap dapat menyerap panas lebih cepat dan lebih kuat saat digunakan untuk beraktivitas di siang hari. Sehingga, agar kerudung tetap wangi sepanjang hari, jatuhkan pilihan pada warna-warna lembut seperti beige, peach, atau warna pastel lainnya.

 

5. Hindari Lilitan Ketat

Menahan agar kerudung tetap wangi juga bisa dilakukan dengan mengenakan kerudung secara tepat. Model kerudung yang dipakai pun menentukan. Hindari yang terlalu melilit atau ketat di leher. Artinya, mengenakan model kerudung segiempat secara klasik, seperti gaya Turki dengan peniti di bawah dagu atau di samping, tidak disarankan.

Sementara saat mengenakan pashmina, mayoritas modelnya bisa dikenakan asal jangan yang melilit atau ketat di leher.

 

6. Kenakan shampo dan kondisioner yang cocok dengan kulit kepala anda

Apakah shampo dan kondisioner yang anda pakai sudah cocok dengan jenis kulit kepala Anda?

Jangan hanya terjebak rayuan promosi iklan yang mengatasnamakan produk khusus berhijab. Teliti lebih lanjut kandungan produk yang sesuai dengan kondisi kulit kepala. Pasalnya, beberapa produk shampo dan kondisioner sifatnya lebih melembabkan kulit kepala yang berisiko memicu keringat berlebih dan timbulnya sebum dan bakteri pemicu ketombe.

Gunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala kalian dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Penting untuk selalu memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

Juga, ingat untuk tidak menggunakan shampo dan kondisioner setiap hari. Adalah lebih baik jika kalian menggunakannya berselang hari. Hindari penggunaan conditioner dari akar rambut karena hal ini akan membuat rambut menjadi semakin lembab sehingga dapat memicu timbulnya ketombe.

 

7. Hati-hati dalam menyemprotkan parfum di area hijab
Menyemprotkan parfum di bagian hijab atau kepala bukanlah solusi agar hijab tidak bau apek. Ya, memberi wewangian di hijab tidak lantas membuat hijab bebas bau dan bersih. Kadar alkohol dalam parfum yang terlalu tinggi kemudian menyerap ke dalam serat hijab dan bercampur keringat serta panas matahari akan memicu bau tak sedap lebih cepat ketimbang sebaliknya.

Baca juga : Tips Menggunakan Parfum Bagi Wanita Berhijab

 

8. Perhatikan kondisi kekeringan hijab setelah dijemur

Anda pasti sudah pernah mendengar jika pakaian atau bahan yang masih setengah basah akan memicu bau tak sedap lebih parah. Tak percaya? Coba pakai baju yang setengah kering kemudian diamkan selama beberapa jam tanpa diberi pewangi pakaian dan dikeringkan. Maka, akan tercium bau tak sedap.

 

9. Pastikan rambut dalam keadaan kering sebelum memakai jilbab

Prinsipnya hampir sama seperti keterangan di atas. Lupakan soal kebiasaan menutup kepala saat masih dalam keadaan basah atau setengah kering yang membuat kepala danhijabmenjadi bau.

Jika kalian buru-buru, bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Namun alat ini hanya akan merusak rambut kalian. Tapi, jika kalian benar-benar butuh menggunakan pengering rambut, atur suhu di paling rendah hingga sedang.

 

Naah itulah beberapa Tips Agar Kerudung Tetap Wangi Sepanjang Hari, semoga dengan adanya tips ini dapat menghindarkan anda dari bau apek dan manjadikan anda nampak harum sepanjang waktu. Terimakasih sudah berkunjung,, tunggu tips-tips yang lainnya hanya di hellohijab.com yaa… See you

Hijab Lovers Favorit:

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.